Kerap Ganggu Keindahan, Gubernur Anies Akan Pindahkan Kabel-Kabel Udara Ke Bawah Tanah

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews — Jika rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terealisasi sebagian wilayah Jakarta nantinya akan bebas dari kabel-kabel listrik yang kerap mengganggu keindahan.

Melalui akun instagramnya @Aniesbaswedan diungkapkan bahwa kabel-kabel udara akan dipindahkan ke bawah tanah.

“Semalam melakukan inspeksi revitalisasi trotoar di Jalan Cikini Raya bersama jajaran @binamargadki,” kata Anies sambil bagikan foto-foto inspeksi, belum lama ini.

View this post on Instagram

Semalam melakukan inspeksi revitalisasi trotoar Jalan Cikini Raya bersama jajaran @binamargadki. ⁣ ⁣ Pak Kadis Bina Marga @hari.nugroho.313 menjelaskan revitalisasi trotoar sekaligus juga diikuti dengan relokasi kabel udara yang merusak keindahan kota serta pencabutan tiang-tiang utilitas yang mengganggu keamanan dan kenyamanan pejalan kaki di trotoar.⁣ ⁣ Pagi tadi, kabel dan tiang utilitas yang semrawut itu sdh dipotong dan dibersihkan. Ini paradigma baru dalam penataan utilitas di ibukota, semua jaringan utilitas dipindahkan ke dalam ducting bawah tanah.⁣ ⁣ Pemprov DKI Jakarta melalui program Kegiatan Strategis Daerah (KSD) dan @binamargadki saat ini sedang mengerjakan Revitalisasi Trotoar Jalan Cikini Raya, Kramat Raya, dan Salemba Raya. Revitalisasi trotoar ini untuk menciptakan ruang pejalan kaki (pedestrian) yang aman, nyaman dan ramah disabilitas. ⁣ ⁣ Penataan Kawasan melalui kebijakan yang berpihak bagi pejalan kaki dengan fitur 100 m jalur trotoar ekspresi kreativitas (mural), spot seni dan budaya, akses baru menuju stasiun cikini, integrasi dengan halte bus pengumpan Transjakarta dan melengkapi trotoar sepanjang 10 km (dua sisi jalan) dengan ubin pemandu, bollard, bangku, wayfinding sesuai konsep complete streets dengan mengusung tema Trotoar Cikini Raya – Kramat Raya dan Salemba Raya sebagai koridor interaksi dan Kreasi seni budaya untuk komunitas.⁣ ⁣ #dkijakarta⁣ #jakarta⁣ #revitalisasi⁣ #trotoarjakarta⁣ #cikiniraya⁣ #kramatraya⁣ #salembaraya⁣ #binamargadki⁣ #ksd2019⁣ #pedestrian⁣ #pejalankaki

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

Kini, kata Anies, Pemprov DKI Jakarta melalui program Kegiatan Strategis Daerah (KSD) dan Bina Marga DKI saat ini sedang mengerjakan proyek Revitalisasi Trotoar tersebut di beberapa ruas Jakarta.  Yakni di Jalan Cikini Raya, Kramat Raya dan Salemba Raya.

“Revitalisasi trotoar ini untuk menciptakan ruang pejalan kaki (pedestrian) yang aman, nyaman dan ramah disabilitas,” terang Anies.

Setidaknya , lanjut Anies, penataan kawasan melalui kebijakan yang berpihak bagi pejalan kaki ini akan menjadi koridor interaksi dan kreasi seni budaya untuk komunitas-komunitas di Jakarta.

Nantinya dengan fitur 100 m jalur trotoar ekspresi kreativitas (mural), spot seni dan budaya, akses baru menuju stasiun cikini, integrasi dengan halte bus pengumpan Transjakarta.

Selain itu juga trotoar sepanjang 10 Km di kedua sisi jalan akan dilengkapi dengan ubin pemandu, bollard, bangku, wayfinding sesuai dengan konsep complete streets dengan mengusung tema Trotoar Cikini Raya-Kramat Raya dan Salemba Raya. LN-AZA

banner 300x250

Related posts

banner 468x60