Keren, Anies Baswedan Sembelih Sendiri Sapi Kurbannya

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews –Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ternyata punya cara tersendiri sambut hari raya Idul Adha 1440 H, yakni yakni program ‘Dapur Qurban’ dan menggunakan besek. Di masjid dekat kediamannya, di Lebak Bulus, Jakarta, (11/8/2019), Anies menyerahkan sapi kurban jenis limosin seberat 1,2 ton dan menyembelih sendiri hewan kurbannya,

Anies mengaku sudah terbiasa memotong hewan kurbannya sendiri sejak dirinya masih dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA) di Yogyakarta, Jawa Tengah.

“Memotong hewan kurban sendiri merupakan tradisi keluarga. Saya berharap tradisi ini juga akan menurun ke anak-anak saya,” ujarnya.

Anies mempraktekan hal baru dalam pelaksanaan kurban di ibukota. Distribusi hewan kurban tidak menggunakan kantong plastik, Anies memilih besek atau bahan yang lebih ramah lingkungan lainnya. Selain sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, juga untuk membantu usaha kecil masyarakat utamanya pembuatan besek.

“Tak pakai plastik, tapi pakai besek bambu dengan daun pisang. Sehingga lebih berjangka panjang dan ramah lingkungan,” ujar Anies Baswedan.

Selain itu, Anies Baswedan menpelopori distribusi daging kurban dalam bentuk siap konsumsi. Daging kurban tidak dibagi mentah tapi dibagi sudah siap saji hasil olahan chef hotel bintang 5.

“Tahun ini daging kurban tidak dibagi mentah, tapi dibagikan sebagai daging yang siap saji. Dan yang memasak adalah dari para chef hotel-hotel berbintang, jadi karena itu ada hotel-hotel, chef merekalah yang akan memasak. Insyaallah rasanya enak,” kata Anies.

Pemprov DKI, terangnya, dalam menjalankan program ‘Dapur Kurban’ bekerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya ACT, Rumah Zakat, Hotel Borobudur, Hotel Dharmawangsa, Hotel Shangri-La, dan Hotel Pluit. Asosiasi Profesi Keamanan Pangan Indonesia juga terlibat.

“Jadi pesannya adalah bukan mentah, tapi daging siap olah, bisa dipakai dalam jangka yang lebih panjang, karena itulah melibatkan Asosiasi Profesi Keamanan Pangan untuk menjamin mutunya, ini sebuah kolaborasi dan akan banyak yang rasakan manfaatnya,” kata Anies.

Nantinya, daging olahan siap saji ini akan dibagikan ke 9 kelurahan lokasi kumuh berat. Antara lain Kelurahan Manggarai, Kelurahan Kampung Melayu, Kelurahan Tanah Tinggi, Kelurahan Jatipulo, Kelurahan Jembatan Besi, Kelurahan Keagungan, Kelurahan Kapuk, Kelurahan Penjaringan, dan Kelurahan Kalibaru.

Pemprov DKI akan mendistribusikan daging kurban dalam kemasan ke yayasan, masjid, hingga panti asuhan. Olahan daging yang dikirim dalam bentuk kemasan kaleng, seperti kornet dan rendang kalengan. LN-AZA

banner 300x250

Related posts

banner 468x60