Puluhan Mahasiswa dan Pemuda se-Jabodetabek Deklarasikan Sumpah Setia Terhadap NKRI

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta, LiraNews – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi se-Jabodetabek, menggelar deklarasi sumpah setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kawal kebijakan Pemerintah, di Gedung Juang 45, jalan Menteng Raya Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019) sore.

Rangkaian kegiatan dimeriahkan dengan sejumlah perlombaan, seperti lomba tarian tradisional, lomba foto, lomba video, dan lomba stand up comedy. Dengan tema “Cinta NKRI”.

“Deklarasi digelar bertujuan agar para pemuda indonesia khususnya para mahasiswa, lebih mencintai NKRI dan Ideologi bangsa, yaitu Pancasila,” ujar Ginka Febriyanti Ginting, Ketua Gerakan Cinta Indonesia (GCI), salah satu peserta deklarasi.

Menurut Ginka, kesadaran sejarah peranan mahasiswa dan pemuda sebagai perekat bangsa, “Maka kami deklarasikan sumpah setia terhadap kedaulatan NKRI untuk menjaga kedaulatan bangsa”.

Selain Ginka Febriyanti Ginting, yang turut menandatangani Deklarasi Sumpah Setia Terhadap NKRI, diantaranya: Ketua Pemuda Bumi Putera Nusantara Zainuddin Arsyad, Ketua Korps Pendamping Masyarakat Reza Hermawan, serta beberapa elemen mahasiswa yang hadir dalam deklarasi sumpah setia.

Berikut Isi Sumpah Setia Mahasiswa dan Pemuda se-Jabodetabek

Dengan membaca Bismillahirrohmanirrohim

Atas berkat dan rahmat Allah, kami berjanji untuk mengisi kemerdekaan dengan
mempertahankan kedaulatan NKRI

1. Kami bersumpah setia kepada kedaultan dan keutuhan NKRI

2. Kami bersumpah untuk mempertahankan idiologi bangsa pancasila dan UUD 1945
hingga akhir khayat kami

3. Kami akan mempertahankan kedaulatan ekonomi, politik, budaya, dan wilayah bangsa Indonesia

4. Kami bersumpah menolak segala tindakan separatis, dan referendum serta perbuatan makar yang ingin memisahkan dari kedaulatan NKRI

5. Kami berjanji akan terus mengawal kebijakan pemerintahan yang sah untuk berpihak kepada kepentingan bangsa dan negara. LN-AZA

Sat Aug 17 , 2019
Bulukumba, LiraNews — Peran ulama, santri dan tokoh-tokoh Islam dalam perjuangan menegakkan kedaulatan bangsa dan Negara sangat besar. Mereka bahkan rela mengorbankan harta, tenaga serta jiwa mereka dalam berjuang dan mempertahankan kemerdekaan. Namun, generasi muda dewasa ini telah kehilangan ruh dan akarnya. Karena, mereka telah lupa dengan sejarah kepahlawanan pendahulunya. […]